Fakta unik tentang padi

Pada daerah jawa terdapat keparcayaan bahwa padi itu merupakan perwujudan dari seorang dewi yang cantik jelita yaitu dewi sri atau dewi padi, jika ingin mendengarkan cerita tentang dewi sri itu lebih dalam maka carilah cerita tentang mahabarat, karena dewi sri itu  erat kaitan nya dengan cerita mahabarata, entah benar entah salah tentang cerita itu, kita mendengar cerita itu dari orang tua zaman dahulu yang suka mendongeng pada anak menjelang waktu berangkat tidur, hanya saja belakangan ini karena tergerus zaman sudah banyak anak anak kita lebih suka main gadget ketimbang mendengar kan dongeng.


Padi merupakan sumber bahan makanan pokok bagi sebagian besar rakyat indonesia, karena pada bagian tertentu masyarakat indonesia ada yang makanan pokok nya berupa sagu. Pada dekade tahun 80an itu uumur padi bisa mendekati 1thn, jadi dalam 1 tahun itu mengalami pane itu hanya 1 kali, ukuran padi nya pun tinggi tinggi, itu merupakan bagian fakta unik nya.

Yang unik Dari dulu hingga sekarang


  • Dulu berumur panjang sampai sampai hampir 1 thn, sekarang hanya 3 bulan sudah dapat di panen.
  • Batang padi nya tinggi tinggi, sekarang cenderung lebih pendek.
  • dulu saat  memanen padi  itu menggunakan alat yang di sebut {ani ani}, ditaruh pada telapak tangan ada bambu kecil untuk pegangan dan ada seperti pisau kecil melintang kemudian menggunakan jari jari untuk memotong ujung nya saja yang ada bulir padi nya, sekarang ada yang mengunakan arit untuk membabat batang padi nya ada pula yang menggunakan mesin.
  • dulu dalam mengolah padi menjadi beras itu harus di tutu atau di tumbuk menggunakan lesung dan alu alu sebagai alat penumbuk padi nya, sekarang hanya cukup masukan saja pada mesin resmil {rice mill} tak lama kemudian menjadi beras.
  • Dulu bila menjadi bila telah menjadi nasi itu, bila kelamaan akan basi/ lembek ber air, sekarang bila kelamaan malah tambah kering dan keras.




  • Dulu hampir tidak pernah di obat dan pupuk, sekarang harus bila ingin panen.
  • Dulu dalam genangan air ada banyak macam ikan, sekarang tak ada.
Itu merupakan sebagian dari fakta unik tentang padi, padi bukan hanya sebuah tanaman saja, melainkan juga merupakan simbol dari kekuatan pangan sedangkan pada kapas merupakan simbol dari kekuatan sandang maka banyak yang mengartikan bila padi dan kapas itu merupakan kekutan sandang dan pangan atau kecukupan sandang dan pangan.

0 Response to "Fakta unik tentang padi"

Posting Komentar