Mitos tentang pohon yang penuh aura mistis

Mitos tentang pohon yang di selimuti aura mistis, bagi orang jawa tempo dulu tentu banyak mengenal tentang mitos pohon pohon apa saja yang penuh aura mistis. Seiring dengan berjalan nya waktu anak zaman now sudah banyak yang melupakan jika ada mitos tentang pohon pohon yang penuh arura mistis atau  di selimuti aura mistis, kira kira pohon apa saja yang penuh aura mistis menurut orang orang tempo dulu.
Entah benar entah salah ini hanyalah sebuah tulisan yang mencoba mengingatkan memori kita tentang apa kata orang dulu, anggap saja sebagai cerita ringan penghantar minum kopi atau teh hangat pada pagi hari.




  • Beringin
Beringin merupakan pohon yang pertama dan paling terkenal, entah dimana ada pohon ini ada saja cerita yang mistis yang mengiringi, cerita yang santer yaitu pada alun alun jogja ada sepasang pohon beringin yang besar dan rindang serta berusia lama, konon siapa yang bisa melewati pohon kembar tersebut dengan mata tertutup maka akan segera terkabul keinginan nya.

  • Sawo
Banyak yang bilang pohon sawo itu angker, entah kenapa bisa di bilang angker, mungkin karena saking banyak nya cabang pada pohon sawo sehingga udara nya menjadi sejuk, tapi memang banyak produk kelnik terbuat dari kayu ini, seperti sarung keris, mungkin yang lainya.

  • Belimbing
Entah dilihat dari mana nya pohon ini masuk hitungan pohon pohon yang di selimuti aura mistis,  memang ada yang bilang jika ada pohon belimbing maka akan tahan akan santet atau tenung, mungkin sebagai penolak bal.a.

  • Delima
Pohon ini masuk hitungan di disni hanya karena ada yang bilang, pohon ini dapat juga sebagai penolak bala atau anti santet.

  • Sono keling
Pohon ini merupakan pohon mewah setlah jati, selain awet , serta urat yang indah ada banyak mitos yang melingkupi pohon ini, salah satu nya cerita jika ingin sebuh dari penyakit yang menahun tidurlah di atas kayu sono keling, munkin papan nya atau juga bisa di buat dipan atau bale bale, ada mitos yang bilang kayu sono keling raja dari segala obat.

  • Bambu
Bambu, tentu banyak sekali yang orang yang tahu tentang bambu dan banyak cerita mistis pada daerah yang berbeda berkembang. Jika angin kencang serta hujan lebat maka dapat mengahsilkan bunyi yang menyeramkan bulu kuduk, suasana seperti itu lah yang menyebabkan banyak cerita mistis berkembang, ada yang bilang rumpun bambu tempat jin buang anak, ada yang bilang tempat gelantungan kuntilanak, dll. daerah indaramayu dan sekitar nya ada cerita rakyat tentang bambu petung yang dapat membuat kaya seseorang.


  • Kelor

Pohon kelor untuk tanah jawa merupakan pohon yang cukup sakral, apalagi ada cerita jika orang kesurupan cukup di usap mukanya dengan daun kelor maka akan segera sadar, dulu sekitar tahun 90an, di negeri ini banyak di gegerkan dengan ada nya ninja dan dukun santet salah satu cerita yang beredar adalah menggantungkan daun kelor pada pintu rumah.


Tak dapat di pungkiri jika kita yang masih tinggal di pelosok desa atau pada daerah terpencil maka sering kita jumpai bekas sesajian orang di bawah pohon, entah apa maksud dan tujuan mereka. Budaya kita memang masih kental dengan budaya dinamisme dan anemisme yang mengangap seuatu atau pohon atau batu mempunyai kekuatan yang dapat mendatangkan bala atau pahala, jadi tak perlu heran dengan segala macam itu, jika kita bisa lurus kan maka luruskanlah, jika tidak doakan lah, agar jadi lebih baik.Jika dahulu hanya berdasarkan getuk tular atau dari mulut kemulut saja bisa menjadi cerita yang melegenda padahal pada saat itu belum ada Facebook dan Google plus , jika sudah ada mungkin akan menjadi viral dan jadi trending topik, apalagi jika di posting dan di masukan pada masukan pada Google web master agar cepat terindeks maka akibat nya akan lebih heboh lagi.
Dari semua nama pohon yang di tulis di atas tentu nya masih banyak lagi pohon pohon yang penuh dengan aura mistis apalagi di indonesia ini tidak lepas dari dan bumbu yang mistis yang melingkupi nya. Percaya atau tidak percaya itu terserah anda, sikapi saja dengan bijak, jika di nalar pohon apapun itu jika yang sudah tua usia nya dan rindang maka akan mendatangkan efek yang seram, di tambah lagi udara nya sejuk maka membuat kita terasa mengantuk, itu karena efek banyak nya oksigen yang dilepas oleh pohon untuk berfotosintesis,secara otomatis kita terasa sejuk atau lembab jika dibawah nya.

0 Response to "Mitos tentang pohon yang penuh aura mistis"

Posting Komentar